Analisis SWOT Traveloka
Traveloka adalah perusahaan dengan produk
revolusi 4.0 berupa penyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel
berbasis online dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka
memiliki basis operasional di Jakarta.
Perusahaan
traveloka didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan
Albert Zhang. Ide ini muncul disaat Ferry Unardi sering mengalami kesulitan
dalam pemesanan pesawat, terutama disaat dia ingin pulang ke Padang, Indonesia,
dari Amerika Serikat.
Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk
membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya. Pada pertengahan
tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs reservasi tiket Pesawat di
mana pengguna dapat melakukan pemesanan di situs resminya. Pada bulan Maret
2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka akan segera masuk ke bisnis
reservasi kamar hotel Pada bulan Juli 2014, jasa pemesanan hotel telah tersedia
di situs Traveloka.
Di era ini masyarakat banyak mencari sesuatu
yang lebih simple, cepat dan serba digital, termasuk dalam hal tiket dan hotel
terkhusus bagi masyarakat yang ingin berlibur atau seseorang yang ada tugas di luar kota. Maka dengan
aplikasi ini, masyarakat dapat memesan tiket pesawat & hotel secara online
dengan mudah , cepat , kapanpun dan dimanapun mereka berada.
ANALISIS SWOT Dari traveloka adalah:
Strength (kekuatan)
1. Berbasis
aplikasi mobile, sehingga Traveloka mudah untuk diakses dan digunakan oleh
masyarakat dimana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke bandara.
2. Selain
itu masyarakat/pengguna juga dapat melihat informasi-informasi harga pesawat
dan hotel dengan mudah setiap saat dengan mudah.
3. Harga-harga
yang ada di traveloka juga lebih murah
dan menjangkau masyarakat . selain itu juga banyak pilihan harga sesuai dengan
keingginan penggunanya.
4. Karena
bekerjasama dengan berbagai jenis maskapai penerbangan dan hotel. Sehingga
memudahkan masyarakat/pengguna untuk memilih maskapai penerbangan sesuai dengan
keiniginan mereka.
5. Traveloka
juga menyediakan berbagai informasi seperti, harga tiket, jenis maskapai, waktu
penerbangan, tiket promo, berat bagasi setiap pesawat dengan akurat. Sehingga
masyarakat/pengguna dapat memesan pesawat/hotel sesuai dengan kondisi
keuangannya dan merencanakan keberangkatannya.
6. Hemat
waktu untuk membeli berbagai tiket dan booking karena tidak perlu jauh-jauh
datang ke travel atau ke hotel yang bersangkutan.
Weaknesses (Kelemahan)
1. Masih
banyak masyarakat terutama kalangan yg umurnya sudah 40 keatas tidak mengerti
menggunakan transaksi online, kadang mereka masih kesulitan untuk memakai
handphone apalagi bertransaksi di hp. Jadi mereka melakukan dengan manual
2. Ada
saja orang yang berfikiran takutnya tertipu atau tidak terpercaya
3. Untuk
pemesanan hotel masih banyak orng yg ingin melihat langsung sebelum memesan,
sehingga pesan manual
4. Adanya
aplikasi lain yang sama kegunaannya
Opportunity (Peluang / Keuntungan)
1. Karena
keperluan masyarakat untuk berpergian ke suatu tempat tertentu terus meningkat
setiap saat dengan berbagai keperluan seperti pulang kampung, liburan,
berbisnis. Menjadikan traveloka sebagai salah satu aplikasi yang banyak
digunakan , karena mudah, cepat, terpecaya , dimanapun dan kapanpun bisa di
akses.
2. Informasi
yang ditampilkan up to date, sehingga orang-orang yang selalu mengunjungi
Traveloka apabila ingin memesan tiket pesawat ataupun kamar hotel.
3. Menampilkan
harga tiket pesawat dan kamar hotel mulai dari yang termurah hingga yang
termahal sehingga orang-orang dapat memilih sesuai keinginannya masing-masing.
4. Menyediakan
pilihan bahasa “Bahasa Inggris” untuk dapat go internasional.
5. Berkembangnya
dunia teknologi di Indonesia.
6. Kemudahan
dalam informasi promo, membuat konsumen akan tertarik.
7. Dengan
terjaminnya keamanan membuat konsumen menjadi lebih merasa aman dalam melakukan
transaksi.
Threats (Ancaman)
1. Mulai
muncul aplikasi-aplikasi yang serupa seperti tiket.com, nusatrip, pegipagi, u
tiket, tiket2, airpaz, ezytravel, dll. Sehingga traveloka harus memutar otak
untuk memikirkan ide-ide kreatif untuk publikasi dan bagaimana caranya untuk
bersaing dengan yang lain.
2. Muncul
pesaing yang menyediakan layanan yang sama dengan promo-promo yang lebih
menarik.
3. Karena
tidak semua orang dapat menggunakan teknologi/gugup teknologi dan aplikasi
mobile
Aplikasi Komputer Bisnis Kelompok 5
0 Response to "Analisis SWOT Traveloka"
Post a Comment