Analisis SWOT Traveloka



Traveloka adalah perusahaan dengan produk revolusi 4.0 berupa penyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel berbasis online dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka memiliki basis operasional di Jakarta.
  Perusahaan traveloka didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang. Ide ini muncul disaat Ferry Unardi sering mengalami kesulitan dalam pemesanan pesawat, terutama disaat dia ingin pulang ke Padang, Indonesia, dari Amerika Serikat.
     Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs reservasi tiket Pesawat di mana pengguna dapat melakukan pemesanan di situs resminya. Pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka akan segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotel Pada bulan Juli 2014, jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka.
Di era ini masyarakat banyak mencari sesuatu yang lebih simple, cepat dan serba digital, termasuk dalam hal tiket dan hotel terkhusus bagi masyarakat yang ingin berlibur atau  seseorang yang ada tugas di luar kota. Maka dengan aplikasi ini, masyarakat dapat memesan tiket pesawat & hotel secara online dengan mudah , cepat , kapanpun dan dimanapun mereka berada.
ANALISIS SWOT Dari traveloka adalah:
Strength (kekuatan)
1.      Berbasis aplikasi mobile, sehingga Traveloka mudah untuk diakses dan digunakan oleh masyarakat dimana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke bandara.
2.      Selain itu masyarakat/pengguna juga dapat melihat informasi-informasi harga pesawat dan hotel dengan mudah setiap saat dengan mudah.
3.      Harga-harga yang ada di traveloka  juga lebih murah dan menjangkau masyarakat . selain itu juga banyak pilihan harga sesuai dengan keingginan penggunanya.
4.      Karena bekerjasama dengan berbagai jenis maskapai penerbangan dan hotel. Sehingga memudahkan masyarakat/pengguna untuk memilih maskapai penerbangan sesuai dengan keiniginan mereka.
5.      Traveloka juga menyediakan berbagai informasi seperti, harga tiket, jenis maskapai, waktu penerbangan, tiket promo, berat bagasi setiap pesawat dengan akurat. Sehingga masyarakat/pengguna dapat memesan pesawat/hotel sesuai dengan kondisi keuangannya dan merencanakan keberangkatannya.
6.      Hemat waktu untuk membeli berbagai tiket dan booking karena tidak perlu jauh-jauh datang ke travel atau ke hotel yang bersangkutan.
Weaknesses (Kelemahan)
1.      Masih banyak masyarakat terutama kalangan yg umurnya sudah 40 keatas tidak mengerti menggunakan transaksi online, kadang mereka masih kesulitan untuk memakai handphone apalagi bertransaksi di hp. Jadi mereka melakukan dengan manual
2.      Ada saja orang yang berfikiran takutnya tertipu atau tidak terpercaya
3.      Untuk pemesanan hotel masih banyak orng yg ingin melihat langsung sebelum memesan, sehingga pesan manual
4.      Adanya aplikasi lain yang sama kegunaannya
Opportunity (Peluang /  Keuntungan)
1.      Karena keperluan masyarakat untuk berpergian ke suatu tempat tertentu terus meningkat setiap saat dengan berbagai keperluan seperti pulang kampung, liburan, berbisnis. Menjadikan traveloka sebagai salah satu aplikasi yang banyak digunakan , karena mudah, cepat, terpecaya , dimanapun dan kapanpun bisa di akses.
2.      Informasi yang ditampilkan up to date, sehingga orang-orang yang selalu mengunjungi Traveloka apabila ingin memesan tiket pesawat ataupun kamar hotel.
3.      Menampilkan harga tiket pesawat dan kamar hotel mulai dari yang termurah hingga yang termahal sehingga orang-orang dapat memilih sesuai keinginannya masing-masing.
4.      Menyediakan pilihan bahasa “Bahasa Inggris” untuk dapat go internasional.
5.      Berkembangnya dunia teknologi di Indonesia.
6.      Kemudahan dalam informasi promo, membuat konsumen akan tertarik.
7.      Dengan terjaminnya keamanan membuat konsumen menjadi lebih merasa aman dalam melakukan transaksi.
Threats (Ancaman)
1.      Mulai muncul aplikasi-aplikasi yang serupa seperti tiket.com, nusatrip, pegipagi, u tiket, tiket2, airpaz, ezytravel, dll. Sehingga traveloka harus memutar otak untuk memikirkan ide-ide kreatif untuk publikasi dan bagaimana caranya untuk bersaing dengan yang lain.
2.      Muncul pesaing yang menyediakan layanan yang sama dengan promo-promo yang lebih menarik.
3.      Karena tidak semua orang dapat menggunakan teknologi/gugup teknologi dan aplikasi mobile


Aplikasi Komputer Bisnis Kelompok 5

0 Response to "Analisis SWOT Traveloka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel