Analisis SWOT Mamikost


MAMIKOS adalah aplikasi pencari kost no.1 di Indonesia. MAMIKOS menyediakan layanan pencarian kamar kost yang gampang dan cepat serta memiliki data kost yang akurat.

Strength (Kekuatan)
1.      Cara kerja aplikasi sangat mudah dimengerti oleh pengguna
2.      Menyediakan informasi rinci terkait :
-        Alamat Kost Akurat
-        Foto-foto lengkap fasilitas kost, kamar kost, kamar mandi, dan fasilitas umum lainnya
-        Harga Kamar Kost yang selalu update
-        Info ketersediaan kamar kost yang selalu update
-        Hubungi Kost via Whatsapp
-        Hubungi Kost via Pesan
-        Google Map untuk membantu navigasi kamu ke Rumah kost
-        Halaman filter dan pembanding untuk membandingkan kost
3.      Terdapat fitur-fitur seperti :
-       Fitur pencarian kamar kost berdasarkan Kampus/Universitas di masing-masing kota
-       Fitur pencarian kamar kost berdasarkan Area/Daerah populer
-       Fitur pencarian kamar kost berdasarkan lokasi saya saat ini
-       Fitur berlangganan, untuk dapatkan info kost yang kamu butuh via aplikasi dan email
-       Fitur favorit kost, untuk simpan kamar kost yang kamu ingin cek nanti
-       Fitur Histori/Kunjungi, untuk cek data-data kamar kost yang pernah kamu kunjungi

Weakness (Kelemahan)

1.      Kekurangan dari Mamikos adalah alamat yang dicantumkan di kost terkadang kurang lengkap. Hal ini dapat menimbulkan kebingungan bagi calon penghuni.
2.      Foto-foto yang ditampilkan terkadang berkualitas jelek dan tidak memberikan gambaran yang cukup mengenai kost karena yang mengambil foto-foto tersebut adalah pemilik kos dengan peralatan seadanya. Hal ini menurut kelompok kami merupakan minus yang cukup besar karena foto-foto tersebut sangat penting untuk menggambarkan keadaan kost kepada calon penghuni. Sebaiknya, pihak Mamikos memperlengkapi agen-agen Mamikos dengan peralatan fotografi agar bisa memberikan foto-foto yang jelas dan lengkap.
3.      Calon penghuni kurang mengetahui keadaan secara pasti tentang sarana dan prasarana yang ada karena hanya bisa melihat dari foto yang diambil oleh pemilik kost.
4.      Belum semua kost terdefinisikan dalam aplikasi mamikost
5.      update harga, informasi kos, dan informasi properti lain macam apartemen masih lebih baik pesaing nya yaitu infokost (menurut pengguna mamikost)
6.      Karena sering update pembaharuan aplikasi timbul masalah yang software mamikost seperti fitur filter mamikost tidak berjalan semestinya dan ada kelambatan atau lemot dari apikasi mamikost (  kolom komentar mamikost di PlayStore )

Opportunity (Peluang)

1.      Masih adanya kosan yang belum terjamah
Masih banyaknya tempat/kosan yang belum ada dalam aplikasi mamikost, jadi aplikasi ini masih bisa memaksimalkan penyediaan kosan agar dapat memenuhi kebutuhan para pengguna aplikasi ini.
2.      Kebutuhan para pendatang untuk mencari tempat tinggal
Banyaknya orang pendatang/dari luar kota yang mencari tempat tinggal yang terjangkau. hal ini dapat dimanfaatkan oleh aplikasi ini untuk dapat mencarikan tempat tinggal yang dibutuhkan oleh pengguna.
3.      Tidak hanya menyediakan kosan, namun bisa juga menyambangi kontrakan
Akhir-akhir ini banyak yang mencari kontrakan sebagai tempat tinggal, karena banyak yang memiliki keluarga kecil dan masih belum bisa membeli rumah baru. Akhirnya mereka hanya ingin mencari kontrakan saja.
4.      Menyediakan antar jemput barang pindahan
Untuk memudahkan pengguna dalam proses pemindahan barang untuk menghuni kosan
5.      Menyediakan fitur nego/tawar menawar
Agar memudahkan mendapatkan harga yang sesuai, mamikos bisa menghadirkan fitur ini nego ini.

Threat (Ancaman)
1.      Adanya pesaing dalam layanan pencarian kost seperti UrbanIndo Infokost, KosKost dan Kost-Hunt.



Aplikasi Komputer Bisnis Kelompok 6 :

Hawwa Althof            1188020077    Julfika                        1188020101
Ilham Purnama            1188020090    Khofifah Alawiah       1188020103
Jihad Zulfikar              1188020100    M. Afifudin                1188020109

0 Response to "Analisis SWOT Mamikost"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel