Analisis SWOT Aplikasi Grab
Grab (sebelumnya dikenal sebagai GrabTaxi) adalah sebuah
perusahaan asal Singapura yang melayani aplikasi penyedia transportasi dan
tersedia di enam negara di Asia Tenggara yakni, Malaysia, Singapura, Vietnam,
Filipina, Indonesia dan Thailand. Grab memiliki visi untuk merevolusi industri
pertaksian di Asia Tenggara, sehingga dapat memberikan keamanan serta
kenyamanan bagi pengguna kendaraan seantero Asia Tenggara. Hingga bulan Maret
2015, jumlah pengguna Grab mencapai 3,8 juta pengguna. Grab tersedia untuk
sistem operasi Android, iOS dan BlackBerry.
Grab adalah aplikasi penyedia layanan transportasi online
yang memberikan keamanan serta kenyamanan bagi pengguna kendaraan seantero Asia
Tenggara. Beberapa layanan yang ditawarkan oleh Grab yaitu; GrabBike, GrabCar,
GrabTaxi, GrabExpress, Grab Food, GrabHitch Car, GrabHitch Bike, GrabShare dan
Grab Rental. Saat ini di Indonesia, Grab sudah hadir di berbagai kota-kota
besar sehingga Grab dapat menjangkau siapa pun yang ingin merasakan sensasi
berbeda berkendara bersama Grab.
ANALISA SWOT
·
Strengths
Penyedia layanan transportasi online seperti Grab memiliki
tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia khususnya bagi pengguna layanan
Grab karena dengan hanya menggunakan aplikasi di smartphone yang kita miliki,
kita dapat memesan layanan transportasi dengan hanya menunggu di rumah atau
titik penjemputan yang kita inginkan. Layanan transportasi yang disediakan pun
beragam jenisnya, bukan hanya jasa transportasi untuk berpindah dari lokasi satu
ke lokasi yang lain namun kita bisa memesan makanan dan minuman tanpa harus
keluar rumah, kita juga bisa mengirim barang/paket tanpa harus mengunjungi agen
pengiriman, dsb. Harga yang diberikan Grab pun cukup bersaing dari penyedia
layanan jasa transportasi sejenis yang ada di Indonesia.
Dari segi driver atau mitra Grab sendiri, penghasilan yang
didapatkan pun cukup lumayan dengan waktu kerja yang fleksibel. Tak hanya itu,
Grab memberikan insentif atau bonus bagi para Mitra Grab yang berhasil
memperoleh pemesanan di jam-jam sibuk yang ditentukan oleh Grab. Semakin banyak
Mitra mendapatkan pemesanan di jam-jam sibuk, semakin besar pula insentif yang
diperoleh oleh Mitra.
·
Weakness
Dengan hadirnya Grab di Indonesia, masih banyak masyarakat
yang enggan menggunakan layanan Grab dikarenakan mereka menganggap driver yang
akan mengantarkan mereka ke suatu tempat merupakan orang lain yang tidak mereka
kenal sama sekali asal-usulnya. Sedangkan, jika ojeg pangkalan biasanya adalah
penduduk sekitar yang sudah diketahui dan dikenal sebelumnya.
Beberapa kasus kejahatan yang dilakukan oleh Mitra Grab
membuat masyarakat khawatir menggunakan layanan Grab, hal ini menjadi perhatian
bagi Grab Indonesia agar kejadian tersebut tidak terulang dan kepercayaan
masyarakat terhadap layanan transportasi online dapat kembali meningkat.
·
Opportunity
Sebagai salah satu penyedia layanan transportasi online
terbesar di Indonesia dan negara-negara lainnya, tentunya kehadiran Grab akan
semakin diterima di masyarakat dengan segala kelebihan yang dimiliki. Grab juga
memberikan peluang yang besar bagi masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup
mereka menjadi lebih baik dengan bergabung menjadi Mitra Grab. Dengan program
Grab Loyalty Rewards yang dimiliki Grab, pengguna aplikasi Grab akan semakin
loyal atau setia menggunakan Grab sebagai penyedia layanan transportasi online
favorit mereka. Karena, selain mereka diberikan kenyamanan saat melakukan
perjalanan menggunakan Grab, mereka juga diuntungkan dalam bentuk point yang
bisa ditukarkan untuk mendapatkan diskon di merchant-merchant yang bekerjasama
dengan Grab.
·
Threat
Di Indonesia sendiri, Grab bukanlah penyedia layanan
tranportasi online pertama dan satu-satunya yang ada di Indonesia. Sehingga
persaingan yang terjadi sangat begitu ketat antara Grab dengan penyedia layanan
transportasi online lainnya. Bahkan ada perusahaan sejenis yang memberikan
dasar tarif lebih murah dari harga pasaran. Munculnya perusahaan sejenis Grab
di Indonesia yang menawarkan kelebihannya masing-masing juga membuat Grab harus
bekerja keras guna menjaga eksistensi Grab di Indonesia.
Terlebih lagi saat ini di beberapa daerah di Indonesia
melarang masuknya layanan transportasi online yang membuat Grab harus pintar
dalam mencari cara lain agar dapat terus menjangkau seluruh daerah di
Indonesia.
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah
Aplikasi
Komputer Bisnis
Dosen : Asep Arsyad
Disusun Oleh :
Heru Wahyudin 1188020080
Hesti Arianti. 1188020081
Husni Husaeri 1188020083
Ika Yuliantika
1188020089
Intan Uswatun H. 1188020094
Khoerunnisa Rahmah 1188020102
0 Response to "Analisis SWOT Aplikasi Grab"
Post a Comment