Analisis SWOT Aplikasi Grab



Grab (sebelumnya dikenal sebagai GrabTaxi) adalah sebuah perusahaan asal Singapura yang melayani aplikasi penyedia transportasi dan tersedia di enam negara di Asia Tenggara yakni, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Thailand. Grab memiliki visi untuk merevolusi industri pertaksian di Asia Tenggara, sehingga dapat memberikan keamanan serta kenyamanan bagi pengguna kendaraan seantero Asia Tenggara. Hingga bulan Maret 2015, jumlah pengguna Grab mencapai 3,8 juta pengguna. Grab tersedia untuk sistem operasi Android, iOS dan BlackBerry.
Grab adalah aplikasi penyedia layanan transportasi online yang memberikan keamanan serta kenyamanan bagi pengguna kendaraan seantero Asia Tenggara. Beberapa layanan yang ditawarkan oleh Grab yaitu; GrabBike, GrabCar, GrabTaxi, GrabExpress, Grab Food, GrabHitch Car, GrabHitch Bike, GrabShare dan Grab Rental. Saat ini di Indonesia, Grab sudah hadir di berbagai kota-kota besar sehingga Grab dapat menjangkau siapa pun yang ingin merasakan sensasi berbeda berkendara bersama Grab.

ANALISA SWOT
·         Strengths
Penyedia layanan transportasi online seperti Grab memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia khususnya bagi pengguna layanan Grab karena dengan hanya menggunakan aplikasi di smartphone yang kita miliki, kita dapat memesan layanan transportasi dengan hanya menunggu di rumah atau titik penjemputan yang kita inginkan. Layanan transportasi yang disediakan pun beragam jenisnya, bukan hanya jasa transportasi untuk berpindah dari lokasi satu ke lokasi yang lain namun kita bisa memesan makanan dan minuman tanpa harus keluar rumah, kita juga bisa mengirim barang/paket tanpa harus mengunjungi agen pengiriman, dsb. Harga yang diberikan Grab pun cukup bersaing dari penyedia layanan jasa transportasi sejenis yang ada di Indonesia.
Dari segi driver atau mitra Grab sendiri, penghasilan yang didapatkan pun cukup lumayan dengan waktu kerja yang fleksibel. Tak hanya itu, Grab memberikan insentif atau bonus bagi para Mitra Grab yang berhasil memperoleh pemesanan di jam-jam sibuk yang ditentukan oleh Grab. Semakin banyak Mitra mendapatkan pemesanan di jam-jam sibuk, semakin besar pula insentif yang diperoleh oleh Mitra.
·             Weakness
Dengan hadirnya Grab di Indonesia, masih banyak masyarakat yang enggan menggunakan layanan Grab dikarenakan mereka menganggap driver yang akan mengantarkan mereka ke suatu tempat merupakan orang lain yang tidak mereka kenal sama sekali asal-usulnya. Sedangkan, jika ojeg pangkalan biasanya adalah penduduk sekitar yang sudah diketahui dan dikenal sebelumnya.
Beberapa kasus kejahatan yang dilakukan oleh Mitra Grab membuat masyarakat khawatir menggunakan layanan Grab, hal ini menjadi perhatian bagi Grab Indonesia agar kejadian tersebut tidak terulang dan kepercayaan masyarakat terhadap layanan transportasi online dapat kembali meningkat.
·         Opportunity
Sebagai salah satu penyedia layanan transportasi online terbesar di Indonesia dan negara-negara lainnya, tentunya kehadiran Grab akan semakin diterima di masyarakat dengan segala kelebihan yang dimiliki. Grab juga memberikan peluang yang besar bagi masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup mereka menjadi lebih baik dengan bergabung menjadi Mitra Grab. Dengan program Grab Loyalty Rewards yang dimiliki Grab, pengguna aplikasi Grab akan semakin loyal atau setia menggunakan Grab sebagai penyedia layanan transportasi online favorit mereka. Karena, selain mereka diberikan kenyamanan saat melakukan perjalanan menggunakan Grab, mereka juga diuntungkan dalam bentuk point yang bisa ditukarkan untuk mendapatkan diskon di merchant-merchant yang bekerjasama dengan Grab.
·           Threat
Di Indonesia sendiri, Grab bukanlah penyedia layanan tranportasi online pertama dan satu-satunya yang ada di Indonesia. Sehingga persaingan yang terjadi sangat begitu ketat antara Grab dengan penyedia layanan transportasi online lainnya. Bahkan ada perusahaan sejenis yang memberikan dasar tarif lebih murah dari harga pasaran. Munculnya perusahaan sejenis Grab di Indonesia yang menawarkan kelebihannya masing-masing juga membuat Grab harus bekerja keras guna menjaga eksistensi Grab di Indonesia.
Terlebih lagi saat ini di beberapa daerah di Indonesia melarang masuknya layanan transportasi online yang membuat Grab harus pintar dalam mencari cara lain agar dapat terus menjangkau seluruh daerah di Indonesia.


Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah
                                                 Aplikasi Komputer Bisnis                                                                           

Dosen : Asep Arsyad

Disusun Oleh :
Heru Wahyudin 1188020080
Hesti Arianti.              1188020081
Husni Husaeri  1188020083
Ika Yuliantika                  1188020089
Intan Uswatun H.             1188020094
Khoerunnisa Rahmah  1188020102

0 Response to "Analisis SWOT Aplikasi Grab"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel