Contoh Desain Logo "Bakso Aci Rempah"



Kuning :
Melambangkan seperti kuah kaldu dimana rasa kaldu tersebut campuran dari beberapa rasa yaitu manis, asin, dan gurih. Warna kuning juga melambangkan arti keceriaan dan kebahagiaan yang tersalurkan dari kuah kaldu tersebut.
Merah :
Melambangkan keberanian sehingga di berikan warna merah agar logo tesebut lebih hidup dan merah juga mengibaratkan memberikan arti sensasi rasa pedas dan menambahkan cita rasa dalam makanan.
Bulat :
Mengibaratkan seperti baso, diberikan aksen mata muluy dan tangan agar terlihat lebih lucu dan menari. Di dalam baso aci tersebut juga terdapat tulang lunak untuk menambahkan tekstur dan rasa agar lebih mengigit.
Bintang :
Melambangkan tingkat minat para konsumen.
Baso Aci Rempah :
Karena bumbu dari baso aci terdiri dari beberapa rempah rempah sehingga selain rasanya yang nikmat juga aman untuk di konsumsi .


Tentang Baso Aci Rempah

Kalau bakso yang terbuat dari daging sapi, ayam atau ikan sih sudah biasa ditemukan. Nah tapi kalau bakso yang terbuat dari tepung tapioka alias tepung aci, kamu sudah pernah coba belum?.
            Buat kamu yang baru pertama kali denger nama kuliner unik ini, mungkin akan merasa pesimis dan ragu sama rasanya. Memang penampilannya cenderung mirip dengan panganan yang sama-sama terbuat dari aci yaitu cimol, tetapi kamu bakal menemukan sensasi yang berbeda dibanding bakso lainnya ketika menyantap baso aci.
Kuliner ini pas banget dinikmati ketika cuaca sedang hujan, makannya kenapa baso aci ini sangat ramai dicari orang di Bandung yang hawanya memang cenderung dingin. Dalam satu porsi biasanya kamu akan mendapatkan beberapa buah baso aci, cuanki, ceker ayam dan sukro cikur (kencur). Tapi kalau buat kamu yang mau mencicipi toping lain, kamu bisa menambah dengan daging tetelan sapi dan cuanki tahu.    
Jadi tunggu apa lagi nih? Buat yang ada di sekitar Bandung kamu bisa menemukan beberapa penjual baso aci, termasuk khususnya baso aci rempah. Selain harganya murah, makanan baso aci ini aman buat kita karena bahannya terbuat dari rempah-rempah pilihan yang sangat cocok untuk mulut orang indonesia yang kaya akan rempah-rempahnya dan pastinya tidak akan ada efek samping setelah kalian mencoba baso aci rempah ini. Nah buat yang berada di luar daerah Bandung, jangan khawatir, karena baso aci ini sekarang sudah bisa dipesan untuk pengiriman luar kota. Jadi kalian wajib sekali untuk mencoba baso aci rempah ini ya gaes.











VISI DAN MISI BASO ACI REMPAH

Visi :
Menjadikan baso aci rempah sebagai makanan idaman semua orang dan menjadi jajanan yang dikenali oleh seluruh nusantara sampai tingkat dunia.
Misi :
1.      Menciptakan bakso aci sedap yang halal dengan kreasi dan inovasi dengan harga yang bersaing.
2.      Memberikan pelayanan yang ramah dan bersinergi dengan konsumen.
3.      Memberikan pengalaman berbeda yang unik dan seru kepada pelanggan dengan packaging yang berbeda dengan yang lainnya.

ANALISIS SWOT BASO ACI REMPAH

1.      Strengths | Kekuatan 
a.       Warga sekitar menyukai makanan berkuah, karena kebanyakan dari masyarakat indonesia menyukai makanan berkuah. Terlebih lagi masakan khas nusantara yang satu ini. Bahkan akan lebih nikmat dan sedap di kala cuaca dingin, maka memakan makanan yang satu ini sangat cocok sekali untuk di konsumsi, selain untuk menghangatkan tubuh, dapat juga mengenyangkan perut tentunya.
b.      Konsep yang ditawarkan menggunakan Wifi, zaman sekarang hampir setiap tempat mempunyai fasilitas wifi, karena anak zaman milenial sangat susah sekali dijauhkan dari hp, meskipun mungkin ada beberapa yang bisa jauh dari hp, mungkin jumlahnya hanya sedikit. Maka dari itu adanya fasilitas yang satu ini memberikan power yang kuat agar mengundang anak2 muda nongkrong di tempat ini.
c.       Harga merakyat, bakso aci ini hadir dengan harga yang tidak menguras kantong, harga nya sangat merakyat, namun kualitas sejagat. Sehinnga sudah pasti dengan adanya fasilitas yang kekinian, beserta harga yang merakyat menjadikan surplus yang besar bagi bisnis ini.
d.      Konsep anak muda, mengikuti tren masa kini, dalam bisnis ini pun pasti gak mau kalah dong. Karena pasar dari bakso aci ini bukan hanya untuk kalangan 27 ke atas, namun dari anak kecil sampai orang tua. Maka dari itu kami menghadirkan konsep "gaul" agar dapat di terima oleh anak milenial.
e.       Menggunakan konsep lesehan dan kursi. Untuk mengantisipasi membeludaknya pengunjung maka disini menghadirkan 2 konsep. Yaitu lesehan dan kursi. Seperti halnya pada bulan puasa ini.  Tentu saja tempat ini bisa saja di banjiri oleh masyarakat banyak untuk melakukan tradisi "bukber". Maka untuk mengantisipasi pengunjung yang banyak, konsep lesehan sangat work it.
f.        Mudah di akses, tempatnya yang tidak terpencil, menjadikan warung ini mudah di akses oleh siapapun dan masyarakat yang dari mana saja, bahkan bukan hanya primbumi, para turis pun akan mudah untuk berkunjung ke tempat ini.
g.      Memiliki website dan forum pribadi, untuk memberikan fasilitas yang lebih memudahkan kepada pengunjung, baik untuk  sekedar info maupun lokasi. Sehingga akan sangat membantu para customer mencari info tentang makanan ini.
h.      Sudah bekerja sama dengan Gofood dan Grab, maka dari itu jika ada customer yang ingin memakan bakso aci tapi mager. Maka cistomer bisa memesannya lewat gofood, sehingga bisa makan bakso aci tanpa harus datang ke warung.
i.        Memiliki area tempat parkir. Dengan adanya tempat parkir yang agak luas, maka menjadikan pengunjung nyaman dan betah untuk  berlama2 berada di tempat ini.

v  Hal yang dilakukan setelah analisis 

a.       Mengelola dengan baik website dan forum. Karena potensial lewat website pada zaman sekarang sangat tinggi. Maka dari itu pengelolaan yang baik akan lebih meningkatkan profit pendapatan.
b.      Menonjolkan konsep anak muda. Zaman sekarang warung dengan menggunakan konsep anak muda banyak di minati. Oleh karenanya semakin menonjolkannya konsep ini maka semakin banyak pula para anak hits berdatangan.
c.       Mempertahankan harga merakyat. Tentunya masyarakat akan memilih tempat yang nyaman fasilitas yang memadai dan tentu saja dengan harga yang merakyat. Maka dari itu harga yang merakyat ini menjadi komposisi yang wajib agar pengunjung semakin banyak dan membludak.





2. Weakness | Kelemahan 

a.       Banyak Pesaing. Karena prosesnya yang tidak begitu rumit, maka banyak pesaing yang mulai merintis bisnis serupa. Oleh karenanya Para pesaing pun mulai bermunculan
b.      Kurangnya kemampuan membuat bakso yang disukai banyak orang. Prosesnya yang mudah bukan berarti dapat menyajikan makanan yang disukai, karena beda tangan beda rasa.
c.       Modal besar. Dengan tuntutan zaman sekarang yang menggunakan konsep anak muda, maka dari itu membutuhkan modal yang tidak sedikit. Selain untuk tanah, biaya mendekorasi tempat pun agak menguras kantong
d.      Masih belum ada Brand yang kuat. Tentu akan lebih kuat dan gampang dikenal jika  usaha apapun memiliki brand, karena dengan adanya brand, membuat masyarakat lebih mengingat dan imbasnya menjadikan permintaan lebih banyak, bahkan tidak dipungkiri untuk membuat cabang di berbagai kota di seluruh nusantara.
e.       Belum Memiliki Cabang. Karena usaha ini membutuhkan modal yang tidak sedikit maka dari itu kami belum memiliki cabang. Para customer yang dari luar kota jadi mau gak mau harus pergi ke luar kota.

v  Hal yang dilakukan setelah analisis 

a.       Menjadikan pesaing sebagai motivasi. Adanya pesaing maka akan memaksa kita untuk melakukan inovasi2 baru, maka dari itu adanya pesaing sejatinya adalah berkah jika kita bisa memandang dari sisi positifnya.
b.      Meminimalisir biaya / modal. Tentu saja semboyan bagi seorang pebisnis adalah mendapatkan untung banyak dengan modal sedikit. Namun tetap memberikan kualitas yang baik.
c.       Membuat brand yang unik. Semakin unik semakin mudah di ingat oleh masyarakat. Semakin di mudah di ingat maka semakin percaya, dan nyaman untuk melakukan order. Jika sudah seperti itu banjir orderan tinggal menunggu waqtu saja.

3. Opportunities | Kesempatan 

a.       Dengan daya inovatif dan kreatif usaha ini memiliki kesempatan besar untuk menguasai pasar. Karena dalam dunia bisnis, setiap pengusaha di wajibkan untuk melakukan inovasi2 baru untuk memberikan hal2 baru dan unik. Sehingga dengan adanya gebrakan2n baru memberikan kita kesempatan untuk menguasai pasar
b.      Belum banyak tempat makan Sederhana yang memasang Wifi. Salah satu gebrakan inovasi usaha ini adalah dengan menggunakan konsep anak muda, salah satu contohnya adalah dengan adanya wifi, maka dari itu dengan fasilitas kekinian banget dan tersedianya wifi maka membuat anak muda betah untuk selalu datang menyantap makanan ini.
c.       Malam minggu biasanya menjadi favorit anak muda untuk berkumpul bersama teman2. Warung ini bisa menjadi alternatif lain tatkala malam minggu tiba, bahkan untuk berkumpul bersama teman, ngedate bareng si doi, ataupun melakukan kerja kelompok, karena segala fasilitas sangat nyaman.
d.      Memberikan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar. Dengan adanya usaha baru maka pasti membutuhkan lowongan kerja, maka dari itu dengan mendirikannya usaha ini, membuat kesempatan emas bagi warga sekitar untuk melamar bekerja.
e.       Meningkatnya penjualan pada hari2 besar. Karena dengan fasilitias yang nyaman beserta harga yang merakyat, menjadikan tempat ini menjadi destinasi berkumpul bersama teman2 ketika waktu libur.
f.        Mendapatkan gratis bakso bagi pelanggan tetap. Tentu saja bagi pelanggan setia ada beberapa kelebihan yang di berikan, karena dengan membeli produk, maka itu sama saja dengan membantu perkembangan bisnis ini.

v  Hal yang dilakukan setelah analisis 

a.       Merekrut tenaga kerja dari warga sekitar. Dengan memberikan lowongan pekerjaan bagi warga sekitar, maka menumbuhkan rasa senang pula dengan warga sekitar. Dengan adanya pamor yang baik, maka akan menambah rating warung kita, sehingga ramainya pengunjung akan stabil.
b.      Mempertahankan konsep yang inovatif. Sebuah perusahaan ataupun usaha akan bisa bertaham dengan adanya inovasi2 baru, karena sifat dasar alami manusia menyukai hal2 yang baru, dan cepat bosan. Maka dari itu adanya konsep yang inovatif ini, bisa memberikan sumbangsih besar bagi keberlangsungan bisnis ini.

4. Threats | Ancaman 

a.       Wifi terkadang memiliki gangguan. Sebuah usaha pasti terjadi kendala. Maka dari itu perlu di perhatikan dan di rawat seluruh fasilitas2 yang membuat customer untuk berlama2 di tempat ini. Salah satunya wifi, karena wifi seolah nyawa bagi anak milenial, bahkan hampir kebanyakan para anak milenial  zaman sekarang  mempunyai semboyan PPW "para pemburu wifi" wkwkwk
b.      Harga bahan baku yang meningkat, otomatis harga bakso  aci juga semakin mahal. Harga bahan baku tidak selamanya stabil, semua tergantung kebijakan pemerintah, dan terkadang kebijakan pemerintah membuat bahan baku bakso aci meningkat, dengan meningkatnya harga bahan baku, maka mau tidak mau harga bakso aci pun naik.
c.       Banyak pesaing yang mengikuti konsep yang telah kita buat. Istilah ATM pasti sudah menjadi rahasia umum di khalayak para pebisnis yaitu "Amati, Tiru, Modifikasi". Maka dari itu ancaman terbesar bagi usaha ini adalah para pesaing yang meniru konsep kita.
d.      Perkembangan makanan yang unik. Dengan hadirnya berbagai makanan unik lain, tentu itu menajdi ancaman bagi kelangsungan usaha ini.
e.       Kekuatan pesaing yang sama. Konsep sukses para pebisnis handal sama, yaitu selalu melakukan inovasi2 baru maka akan sangat sulit jika kita berhadapan dengan pebisnis yang seperti  ini. Sehingga ianya menjadikan ancaman serius bagi usaha ini

v  Hal yang dilakukan setelah analisis

a.       Merawat Wifi dan menyiapkan tekhniksi yang siap dihubungi 24 jam. Dengan fasilitas yang cukup, wifi pun terkendali, maka dengan adanya pesaing2 manapun, usaha ini akan lebih PD untuk bersaing.
b.      Mengusahakan untuk mempertahankan harga. Karena dengan harga merakyat membuat masyarakat lebih memilih yang murah namun kualitas mewah
c.       Mempertahankan pengunjung dengan inovasi baru. Karena dengan adanya gebrakan2 baru bukan tidak mungkin membuat pelanggan menjadi betah dan tetap menjadi pelanggan setia, untuk selalu mampir di warung ini, bahkan bisa jadi pelanggan itu berasala dari luar kota, tatkala ianya singgah di kota ini, maka makan di warung bakso aci ini akan menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan.



KELOMPOK 5 :
Ibadurrahman Nur M       1188020084   
Ibnu Ikbal                        
Ina Nur Amalia               
Intan Zahra                       1188020096
Iwan Ridwan                  
Lia Apriatin                      1188020106


0 Response to "Contoh Desain Logo "Bakso Aci Rempah""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel