Makalah Aplikasi Komputer Multimedia


A.    Pengertian Multimedia
Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.jadi, multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berkreasi dan berkomunikasi,
Dalam definisi tersebut terkandung empat komponen penting multimedia, yaitu :
1.         Harus ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar.
2.         Harusnada link yang menghubungkan pemakai dengan informasi.
3.         Harus ada alat navigasi yang membantu pemakai menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung.
4.         Multimedia menyediakan tempat kepada pemakai untuk mengumpulkan, memproses dan mengkomunikasikan informasi dengan ide.
Oleh karena itu, jika salah satu komponen tidak ada, berarti bukan multimedia dalam artian luas. Misalnya, jika tidak ada komputer untuk berinteraksi, maka itu berati media campuran bukan multimedia. Sedangkan kalau tidak ada alat navigasi yang memungkinkan untuk memilih jalannya suatu tindakan maka itu namanya film, bukan multimedia. Demikian juga kita tidak mempunyai ruang untuk berinteraksi dan menyumbangkan ide sendiri, maka nama televisi bukan multimedia.

B.     Pengertian Aplikasi Multimedia
Aplikasi multimedia adalah aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan menggabungkan elemen-elemen seperti : dokumen, suara, gambar, animasi serta video. Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat berupa company profile , video untuk tutorial, e-Learning , maupun Computer Based Training.
Sebagaimana tersirat dalam definisi multimedia di atas, elemen multimedia meliputi :
1.         Teks merupakan bentuk media yang paling umum digunakan dalam menyajikan informasi. Teks dapat disajikan dengan berbagai bentuk font maupun ukuran.
2.         Suara merupakan media ampuh untuk menyajikan informasi tertentu: misalnya untuk memperdengarkan cara melafalkan sebuah kata dalam bahasa inggris. Dengan bantuan suara, pemakai dapat mendengar bunyi suatu kata dengan tepat.
3.         Gambar Statis, umumnya gambar disimpan dengan cara dimampatkan. Tujuannya adalah untuk menghemat ruang dalam penyimpanan eksternal. Berbagai perangkat lunak tersedia untuk membuat gambar statis.AdobePhotoshop merupakan contoh perangkat lunak terkenal di Windows yang digunakan untuk memanipulasi gambar dan foto.Di lingkungan Linux terdapat GIMP. Paint merupakan program grafik sederhana yang dapat digunakan untuk membuat gambar dengan menggunakan mouse.
4.         Animasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk animasi.Animasi adalah gambar bergerak atau video dengan konten gambar yang fiktif, seperti kartun dan gambar tidak riil.
5.         Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak.Biasanya menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital.Video juga bisa dikatakan sebagai gabungan gambar-gambar mati yang dibaca berurutan dalam suatu waktu dengan kecepatan tertentu. Gambar-gambar yang digabung tersebut dinamakan frame dan kecepatan pembacaan gambar disebut dengan framerate, dengan satufps.

C.     Jenis-Jenis Aplikasi Multimedia
1.         Media Player, adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk audio dan video. Biasanya aplikasi media player saat ini sudah bisa untuk memainkan baik informasi audio maupun video. Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:
a.         Windows Media Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Perangkat lunak ini ikut dalam paket Microsoft Windows.
b.        Winamp, bersifat freeware/komersial dan diproduksi oleh Nullsoft Inc..
c.         WinDVD, bersifat komersial dan diproduksi oleh Intervideo.
d.        PowerDVD, bersifat komersial dan diproduksi oleh Cyberlink.
e.         Musicmatch Jukebox, bersifat komersial dan diproduksi oleh Musicmatch Inc.
f.          DivX Player, bersifat freeware atau komersial, diproduksi oleh DivXNetwork Inc.
g.        Real Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Real Networks.
h.        XMMS, audio player bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.
i.          Xine, DVD player yang bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.
2.         Audio/Video Edtor, adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit dan memanipulasi informasi dalam bentuk video dan audio. Banyak sekali proses dalam mengedit video dan audio, contohnya adalah proses pemotongan, penggabungan, konversi format audio/video, dan manipulasi kualitas audio/video. Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:
a.         Adobe Premiere Pro, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
b.        Adobe Premiere Elements, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
c.         Windows Movie Maker, bersifat komersial dan diproduksi Microsoft Corp.
d.        Pinnacle Studio, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pinnacle Systems.
e.         TMPGEnc, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pegasis Inc.
3.         Graphis/Image Viewer, adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk melihat (view) image secara terorganisasi pada sebuah direktori. Saat ini sudah banyak sekali format image yang telah didukung oleh aplikasi image viewer, seperti bmp (windows bitmap), jpeg/jpg (image terkompresi), gif (CompuServe), png (portable network graphics), ico (icons image), dll. Biasanya perangkat lunak ini juga menyediakan fasilitas untuk mengedit image dalam fungsi-fungsi yang sederhana. Beberapa jenis perangkat lunak image viewer adalah:
a.         ACDSee, bersifat komersial dan diproduksi oleh ACD Systems.
b.        XNView, bersifat freeware dan diproduksi oleh Pierre-e Gougelet.
c.         Irfan View, bersifat komersial dan diproduksi oleh Irfan Skiljan.
d.        Microsoft Picture Manager, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp.
e.         Microsoft Picture and Fax Viewr, bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft Windows.
4.         Graphic/Image Editor,adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melukis, menggambar, mengedit dan memanipulasi image atau gambar secara interaktif pada sistem komputer. Banyak sekali jenis perangkat lunak image editor mulai dari dengan fungsi editing yang sederhana sampai dengan yang kompleks. Terdapat dua jenis image yang dihasilkan oleh image editor, yaitu dalam bentuk bitmap image dan vector image. Beberapa contoh perangkat lunak image editor adalah sebagai berikut:
a.         Adobe Photoshop, merupakan vector dan bitmap image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
b.        Corel Draw, merupakan vector image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
c.         Microsoft Paint, merupakan bitmap image editor. Bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft Windows.
d.        Paint Shop Pro, merupakan vector dan bitmap image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
e.         GIMP, merupakan bitmap dan vector image editor. Bersifat open source dan diproduksi oleh The GIMP Team dengan lisensi GNU General Public License.
5.         Animasi, adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk animasi. Animasi adalah gambar bergerak atau video dengan konten gambar yang fiktif, seperti kartun dan gambar tidak riil. Beberapa contoh perangkat lunak animasi adalah sebagai berikut:
a.         Macromedia Flash, merupakan perangkat lunak animasi yang banyak digunakan, baik untuk web, presentasi, dll. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Macromedia Inc.
b.        Houdini Animation Software, bersifat komersial dan diproduksi oleh Side EffectSoftware.
c.         Power Animator, merupakan generasi pendahulu dari Maya untuk membuat animasi. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corporation.
6.         Graphic 3D, adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk gambar 3 dimensi. Berbeda dengan format gambar atau image secara umum adalah dalam bentuk 2 dimensi. Gambar 3 dimensi merupakan representasi gambar dalam geometri 3 dimensi. Beberapa contoh perangkatlunak grafik 3D adalah sebagai berikut:   3D Studio Max, bersifat komersial dan diproduksi oleh Autodesk Media &Entertainment.
a.         Silo 3D Modelling, bersifat komersial dan diproduksi oleh  Nevercenter Ltd. Co.
b.        Maya, bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corp.

D.    Bidang Aplikasi Multimedia
Pada aplikasinya multimedia dapat digunakan dalam berbagai bidang seperti :
1.         Bisnis, yaitu multimedia digunakan sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyajikan atau memasarkan produk service ataupun gagasan ke audien. -     Presentasi. Contoh dalam bidang bisnis antara lain :
a.         Pemasaran
b.        Periklanan
c.         Demo Produk
d.        Catalog
2.        Pendidikan, yaitu multimedia digunakan untuk memvisualisasikan pelajarn-pelajaran yang sulit diterangkan (misalnya fisika dan mtk) dengan cara konvensiona.
a.         Tutorial
b.        Simulasi dan pelatihan
c.         E – learning
3.         Hiburan, yaitu multimedia digunakan dalam program-program untuk membuat suasana yang lebih bmenarik dan interaktif.
a.         Games
b.        VOD :  pengguna bebas mengakses data multimedia yang tersedia pada media server (dokumen berita, entertaintment, film, music, dll)
4.         Virtual Reality :
a.         Menggunakan elemen dasar multimedia seperti : imagery, suara dan animasi
b.        Mengharuskan adanya umpan balaik (feedback)  dari user–multimedia interaktif.

E.     Daftar Pustaka
http://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia
http://kumpulan-makalah-adinbuton.blogspot.com


KELOMPOK 5
1.      Ibadurrahman Nur M  1188020084
2.      Ibnu Iqbal M               1188020085
3.      Ina Nur A                    1188020092
4.      Intan Zahra                  1188020096
5.      Iwan Ridwan              1188020098
6.      Lia Apriatin                 1188020106

0 Response to "Makalah Aplikasi Komputer Multimedia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel