Makalah Aplikasi Komputer Multimedia
A. Pengertian
Multimedia
Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti
banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari
beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan
presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif
yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai
informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik
dan animasi.jadi, multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan
teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan
link yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berkreasi dan berkomunikasi,
Dalam definisi
tersebut terkandung empat komponen penting multimedia, yaitu :
1.
Harus
ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar.
2.
Harusnada
link yang menghubungkan pemakai dengan informasi.
3.
Harus
ada alat navigasi yang membantu pemakai menjelajah jaringan informasi yang
saling terhubung.
4.
Multimedia
menyediakan tempat kepada pemakai untuk mengumpulkan, memproses dan
mengkomunikasikan informasi dengan ide.
Oleh karena itu, jika
salah satu komponen tidak ada, berarti bukan multimedia dalam artian luas.
Misalnya, jika tidak ada komputer untuk berinteraksi, maka itu berati media
campuran bukan multimedia. Sedangkan kalau tidak ada alat navigasi yang
memungkinkan untuk memilih jalannya suatu tindakan maka itu namanya film, bukan
multimedia. Demikian juga kita tidak mempunyai ruang untuk berinteraksi dan
menyumbangkan ide sendiri, maka nama televisi bukan multimedia.
B.
Pengertian Aplikasi Multimedia
Aplikasi
multimedia adalah aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan menggabungkan
elemen-elemen seperti : dokumen, suara, gambar, animasi serta video.
Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat berupa company profile , video untuk
tutorial, e-Learning , maupun Computer Based Training.
Sebagaimana
tersirat dalam definisi multimedia di atas, elemen multimedia meliputi :
1.
Teks merupakan bentuk media yang paling umum digunakan dalam
menyajikan informasi. Teks dapat disajikan dengan berbagai bentuk font maupun
ukuran.
2.
Suara merupakan media ampuh untuk menyajikan informasi
tertentu: misalnya untuk memperdengarkan cara melafalkan sebuah kata dalam
bahasa inggris. Dengan bantuan suara, pemakai dapat mendengar bunyi suatu kata
dengan tepat.
3.
Gambar Statis, umumnya gambar disimpan dengan cara
dimampatkan. Tujuannya adalah untuk menghemat ruang dalam penyimpanan
eksternal. Berbagai perangkat lunak tersedia untuk membuat gambar
statis.AdobePhotoshop merupakan contoh perangkat lunak terkenal di Windows yang
digunakan untuk memanipulasi gambar dan foto.Di lingkungan Linux terdapat GIMP.
Paint merupakan program grafik sederhana yang dapat digunakan untuk membuat
gambar dengan menggunakan mouse.
4.
Animasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat,
mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk animasi.Animasi adalah gambar
bergerak atau video dengan konten gambar yang fiktif, seperti kartun dan gambar
tidak riil.
5.
Video adalah teknologi untuk
menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar
bergerak.Biasanya menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media
digital.Video juga bisa dikatakan sebagai gabungan gambar-gambar mati yang
dibaca berurutan dalam suatu waktu dengan kecepatan tertentu. Gambar-gambar
yang digabung tersebut dinamakan frame dan kecepatan pembacaan gambar disebut
dengan framerate, dengan satufps.
C.
Jenis-Jenis Aplikasi Multimedia
1.
Media Player, adalah jenis perangkat
lunak yang digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk audio dan video.
Biasanya aplikasi media player saat ini sudah bisa untuk memainkan baik
informasi audio maupun video. Beberapa jenis perangkat lunak media player
adalah:
a.
Windows Media Player, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Perangkat lunak ini ikut dalam
paket Microsoft Windows.
b.
Winamp, bersifat freeware/komersial
dan diproduksi oleh Nullsoft Inc..
c.
WinDVD, bersifat komersial dan
diproduksi oleh Intervideo.
d.
PowerDVD, bersifat komersial dan
diproduksi oleh Cyberlink.
e.
Musicmatch Jukebox, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Musicmatch Inc.
f.
DivX Player, bersifat freeware atau
komersial, diproduksi oleh DivXNetwork Inc.
g.
Real Player, bersifat komersial dan
diproduksi oleh Real Networks.
h.
XMMS, audio player bersifat open
source dan dibawah lisensi GNU General Public License.
i.
Xine, DVD player yang bersifat open
source dan dibawah lisensi GNU General Public License.
2.
Audio/Video Edtor, adalah jenis
perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit dan memanipulasi informasi dalam
bentuk video dan audio. Banyak sekali proses dalam mengedit video dan audio,
contohnya adalah proses pemotongan, penggabungan, konversi format audio/video,
dan manipulasi kualitas audio/video. Beberapa jenis perangkat lunak media
player adalah:
a.
Adobe Premiere Pro, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
b.
Adobe Premiere Elements, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
c.
Windows Movie Maker, bersifat
komersial dan diproduksi Microsoft Corp.
d.
Pinnacle Studio, bersifat komersial
dan diproduksi oleh Pinnacle Systems.
e.
TMPGEnc, bersifat komersial dan diproduksi
oleh Pegasis Inc.
3.
Graphis/Image Viewer, adalah jenis
perangkat lunak yang digunakan untuk melihat (view) image secara terorganisasi
pada sebuah direktori. Saat ini sudah banyak sekali format image yang telah
didukung oleh aplikasi image viewer, seperti bmp (windows bitmap), jpeg/jpg
(image terkompresi), gif (CompuServe), png (portable network graphics), ico
(icons image), dll. Biasanya perangkat lunak ini juga menyediakan fasilitas
untuk mengedit image dalam fungsi-fungsi yang sederhana. Beberapa jenis
perangkat lunak image viewer adalah:
a.
ACDSee, bersifat komersial dan
diproduksi oleh ACD Systems.
b.
XNView, bersifat freeware dan
diproduksi oleh Pierre-e Gougelet.
c.
Irfan View, bersifat komersial dan
diproduksi oleh Irfan Skiljan.
d.
Microsoft Picture Manager, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp.
e.
Microsoft Picture and Fax Viewr,
bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft Windows.
4.
Graphic/Image Editor,adalah
perangkat lunak yang digunakan untuk melukis, menggambar, mengedit dan
memanipulasi image atau gambar secara interaktif pada sistem komputer. Banyak
sekali jenis perangkat lunak image editor mulai dari dengan fungsi editing yang
sederhana sampai dengan yang kompleks. Terdapat dua jenis image yang dihasilkan
oleh image editor, yaitu dalam bentuk bitmap image dan vector image. Beberapa
contoh perangkat lunak image editor adalah sebagai berikut:
a.
Adobe Photoshop, merupakan vector
dan bitmap image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
b.
Corel Draw, merupakan vector image
editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
c.
Microsoft Paint, merupakan bitmap
image editor. Bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft Windows.
d.
Paint Shop Pro, merupakan vector dan
bitmap image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
e.
GIMP, merupakan bitmap dan vector
image editor. Bersifat open source dan diproduksi oleh The GIMP Team dengan
lisensi GNU General Public License.
5.
Animasi, adalah perangkat lunak yang
digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk
animasi. Animasi adalah gambar bergerak atau video dengan konten gambar yang
fiktif, seperti kartun dan gambar tidak riil. Beberapa contoh perangkat lunak
animasi adalah sebagai berikut:
a.
Macromedia Flash, merupakan
perangkat lunak animasi yang banyak digunakan, baik untuk web, presentasi, dll.
Bersifat komersial dan diproduksi oleh Macromedia Inc.
b.
Houdini Animation Software, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Side EffectSoftware.
c.
Power Animator, merupakan generasi
pendahulu dari Maya untuk membuat animasi. Bersifat komersial dan diproduksi
oleh Alias Systems Corporation.
6.
Graphic 3D, adalah perangkat lunak
yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk
gambar 3 dimensi. Berbeda dengan format gambar atau image secara umum adalah
dalam bentuk 2 dimensi. Gambar 3 dimensi merupakan representasi gambar dalam
geometri 3 dimensi. Beberapa contoh perangkatlunak grafik 3D adalah sebagai
berikut: 3D Studio Max, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Autodesk Media &Entertainment.
a.
Silo 3D Modelling, bersifat
komersial dan diproduksi oleh
Nevercenter Ltd. Co.
b.
Maya, bersifat komersial dan
diproduksi oleh Alias Systems Corp.
D.
Bidang Aplikasi Multimedia
Pada aplikasinya multimedia dapat digunakan dalam berbagai
bidang seperti :
1.
Bisnis, yaitu multimedia digunakan
sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyajikan atau memasarkan produk
service ataupun gagasan ke audien. -
Presentasi. Contoh dalam bidang bisnis antara lain :
a.
Pemasaran
b.
Periklanan
c.
Demo Produk
d.
Catalog
2.
Pendidikan, yaitu multimedia
digunakan untuk memvisualisasikan pelajarn-pelajaran yang sulit diterangkan
(misalnya fisika dan mtk) dengan cara konvensiona.
a.
Tutorial
b.
Simulasi dan pelatihan
c.
E – learning
3.
Hiburan, yaitu multimedia digunakan
dalam program-program untuk membuat suasana yang lebih bmenarik dan interaktif.
a.
Games
b.
VOD : pengguna bebas mengakses data multimedia yang
tersedia pada media server (dokumen berita, entertaintment, film, music, dll)
4.
Virtual Reality :
a.
Menggunakan elemen dasar multimedia
seperti : imagery, suara dan animasi
b.
Mengharuskan adanya umpan balaik
(feedback) dari user–multimedia
interaktif.
E. Daftar Pustaka
http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/2239020-jenis-aplikasi-multimedia/
http://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia
http://kumpulan-makalah-adinbuton.blogspot.com
KELOMPOK
5
1.
Ibadurrahman Nur M 1188020084
2.
Ibnu Iqbal M 1188020085
3.
Ina Nur A 1188020092
4.
Intan Zahra 1188020096
5.
Iwan Ridwan 1188020098
6.
Lia Apriatin 1188020106
0 Response to "Makalah Aplikasi Komputer Multimedia"
Post a Comment