Analisis SWOT AiryRooms
A. Profil Perusahaan
Airy Rooms merupakan Accomodation Network Orchestrator
(ANO) yang bermitra dengan berbagai hotel budget terbaik di seluruh Indonesia.
Didukung dengan teknologi terkini, kami memberikan pengalaman menginap terbaik
dengan harga terjangkau. Airyrooms.com dimiliki dan dioperasikan oleh PT Airy
Nest Indonesia. Airy Rooms berkomitmen
untuk memberikan pengalaman menginap terbaik bagi tamu Airy di lebih dari 1000+
kamar Airy yang telah tersebar luas di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor,
Bandung, Bali, Yogyakarta, Surabaya, Batam, Solo, Padang, Makassar, Medan dan
beberapa kota lainnya di Indonesia. Misi Airy Room adalah membantu hotel-hotel
budget di seluruh wilayah Indonesia untuk memaksimalkan produktivitas dan kualitas
kamar-kamar kosong yang mereka miliki sehingga mereka bisa mempertahankan
bisnis mereka sekaligus mencapai keuntungan yang diinginkan. Terdapat tiga
jenis kamar yang disediakan Airy Rooms, yaitu Airy Premier, Airy Standart, dan
Airy Eco. Airy Premier dan Standart memberikan jaminan 7 standar fasilitas yang
terdapat di setiap kamar, yaitu: layanan Wi-Fi gratis, televisi, air hangat,
pendingin ruangan, tempat tidur bersih,amenities, dan air minum. Sedangkan
untuk Airy Eco (kamar Airy Rooms dengan
harga ekonomis) menjamin 6 fasilitas di setiap kamarnya yaitu: layanan WiFi
gratis, televisi, pendingin ruangan, tempat tidur bersih,amenities, dan air
minum gratis.
B.
Strategi
Pemasaran dan Taktik
Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting
bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan
dari sebuah perusahaan. Hal ini didukung oleh pendapat Fitri Lukiastuti,
“Strategi adalah rencana umum menyeluruh dari serangkaian tindakan utama yang
dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan.” (Manajemen Strategik dalam
Organisasi), sehingga dalam menjalankan usaha kecil khususnya diperlukan adanya
pengembangan melalui strategi pemasarannya. Menurut Chandler, dalam perkembangannya
konsep mengenai strategi terus berkembang. Perusahaan dapat memperoleh
keunggulan bersaing yang lebih tinggi dibandingkan dengan para pesaingnya jika
dapat memberikan harga jual yang lebih murah daripada yang diberikan oleh
pesaingnya dengan nilai atau kualitas produk yang sama. Strategi Pemasaran pada
Airy Rooms: 1. Menciptakan kesan berkelas untuk harga murah Semua orang
menyukai harga yang murah namun jangan membuat iklan murahan. Itu pula yang
diterapkan oleh Airy rooms. 2. Menampilkan Elemen Kreatif Kreativitas sangat
diperlukan untuk menarik perhatian orang pada iklan. Airy Rooms memberikan
unsur simple dan unik untuk menarik customer melihat website Airy Rooms. 3.
Video yang Menarik dan Berkualitas
C.
Bauran
Pemasaran (Marketing Mix)
a. Price (Harga)
Airy
Rooms adalah online travel agent untuk hotel di Indonesia dimana mereka bisa
bernegosiasi dan mendapatkan harga khusus dari pihak maskapai hotel. Selain itu
sistem online yang diterapkan sangatlah menghemat biaya operasional sehingga
dapat menekan harga voucher hotel.
b. Product
(Produk)
Airy
Rooms adalah layanan jual beli tiket reservasi hotel. Dalam halaman resminya
yakni http://www.airyrooms.com. Dengan memberikan keamanan booking hotel serta
kemudahan pemesanan melalui sistem otomatis, tanpa harus melalui pemesanan
manual.
Airy
Rooms bekerjasama dengan hotel-hotel yang sudah terpercaya. Hal ini
memungkinkan konsumen yang akan melakukan pemesanan voucher hotel mendapatkan
pilihan sesuai yang diinginkan, serta kenyamanan dan keamanan yang terjamin.
c. Promotion
Pada
Airy Rooms juga memiliki promosi besar-besaran jika melakukan transaksi. Hal
ini juga menjadi salah satu strateginya agar banyak pelanggan yang percaya dan
menjadi pelanggan mereka. Tampilan aplikasi Airy Rooms juga menarik perhatian
dengan warna yang cerah dan kemudahan dalam mengaksesnya.
Airy
Rooms juga gencar melakukan promosi melalui sosial media seperti Instagram,
Twitter. Airy Rooms memiliki 99,8K followers di Instagram. Pemasaran di
Instagram Airy Rooms lebih memberikan informasi - informasi promosi yang ada,
keindahan-keindahan alam di Indonesia, tips-tips dalam traveling, sehingga
membuat para pelanggan tertarik.
d. Place
(Lokasi)
Berhubungan
Airy Rooms adalah agent pemesanan voucher hotel dengan cara online. Maka tempat
berinteraksinya antara produsen dengan konsumen adalah melalui internet dan
Business to Customer (B2C). Dimana Airy Rooms ini beriklan di berbagai media
sosial dan websitenya. Selain itu, seluruh rangkaian pemesanan dilakukan
melalui internet.
e. Process
(Proses)
Pelanggan dapat memesan kamar yang kamu inginkan
langsung diwebsite www.airyrooms.com. Customer care kami siap membantu 24 jam
penuh selama seminggu. Setelah memilih kamar hotel yang sesuai, kemudian
pelanggan melakukan pembayaran sesuai pesanan. Kemudian E-Tiket akan dikirimkan
ke email pelanggan sesaat setelah pembayaran diterima. Kemudian pelanggan dapat
mendatangi lokasi Airy Rooms yang telah dipesan. Detail lokasi terdapat pada
voucher Airy yang telah diterima oleh pelanggan.
D.
Analisis
SWOT
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang
digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (Strength), kelemahan (Weaknesses),
peluang (Opportunities) dan ancaman (Threats) dalam suatu proyek atau suatu
spekulasi bisnis. Proses dan mengidentifikasi faktor internal dan ekternal yang
mendukung.
a. Kekuatan
(Strength):
1. Airy
Rooms menyewakan kamar hotel dengan harga yang terjangkau / relatif murah.
2. Low
Operation Cost, karena Airy Rooms hanya mengandalkan Internet melalui sistem
virtualnya.
3. User
Friendly System, dengan hanya melalui website nya untuk mencari dan memesan
kamar hotel sangat simple, mudah dan cepat bagi tamu dan pemilik hotel.
4. Memberikan
pengalaman menginap terbaik bagi tamu Airy di lebih dari 1000+ kamar Airy yang
telah tersebar luas di seluruh Indonesia.
5. Bisnis
Model Airy rooms menggambungkan pendapatan yang didapat dari supplier (host)
dan buyer (guest). 6. Airy Rooms menyediakan berbagai informasi seperti, harga
tiket, tempat-tempat traveling di Indonesia, tiket promo. Sehingga
masyarakat/pengguna dapat memesan pesawat/hotel sesuai dengan kondisi
keuangannya dan merencanakan keberangkatannya.
b. Kelemahan
(Weaknesses):
1. Kepercayaan
masyarakat akan transaksi online pada aplikasi baru masih kurang.
2. Masih
kurangnya pengetahuan orang-orang dalam menggunakan teknologi atau aplikasi
mobile.
3. Harga
tiket yang ditampilkan hanya merupakan harga tiket pesawat dan hotel, belum
memberikan informasi untuk semua travel yang ada (Contohnya seperti pemesanan
tiket kereta api ataupun pemesanan tiket-tiket masuk suatu tempat rekreasi).
4. Kurang
luasnya jangkauan Airy Rooms, karena hanya mencakup beberapa wilayah di
Indonesia saja.
c. Peluang
(Opportunity ):
1. Karena
keperluan masyarakat untuk berpergian ke suatu tempat tertentu terus meningkat
setiap saat dengan berbagai keperluan seperti pulang kampung, liburan,
berbisnis dengan budget yang minimal maka menjadikan Airy Rooms sebagai salah
satu aplikasi yang dibutuhkan dan digunakan karena murah, mudah, cepat dan
dapat diakses dimanapun dan kapanpun.
2. Menampilkan
harga hotel dan tiket pesawat mulai dari harga termurah sehingga orang-orang
dapat memilih sesuai keinginannya masing-masing.
d. Ancaman
(Threat):
Banyak
aplikasi-aplikasi serupa yang lebih menarik, seperti traveloka, tiket.com,
nusatrip, pegipegi, dll. Sehingga Airy Rooms harus memutar otak untuk
memikirkan ide-ide kreatif untuk publikasi dan bagaimana caranya untuk bersaing
dengan kompetitornya yang telah terdahulu dan terkenal.
Aplikasi Komputer Bisnis Kelompok 2
0 Response to "Analisis SWOT AiryRooms"
Post a Comment