Analisis SWOT AiryRooms



A.    Profil Perusahaan
Airy Rooms merupakan Accomodation Network Orchestrator (ANO) yang bermitra dengan berbagai hotel budget terbaik di seluruh Indonesia. Didukung dengan teknologi terkini, kami memberikan pengalaman menginap terbaik dengan harga terjangkau. Airyrooms.com dimiliki dan dioperasikan oleh PT Airy Nest Indonesia.  Airy Rooms berkomitmen untuk memberikan pengalaman menginap terbaik bagi tamu Airy di lebih dari 1000+ kamar Airy yang telah tersebar luas di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor, Bandung, Bali, Yogyakarta, Surabaya, Batam, Solo, Padang, Makassar, Medan dan beberapa kota lainnya di Indonesia. Misi Airy Room adalah membantu hotel-hotel budget di seluruh wilayah Indonesia untuk memaksimalkan produktivitas dan kualitas kamar-kamar kosong yang mereka miliki sehingga mereka bisa mempertahankan bisnis mereka sekaligus mencapai keuntungan yang diinginkan. Terdapat tiga jenis kamar yang disediakan Airy Rooms, yaitu Airy Premier, Airy Standart, dan Airy Eco. Airy Premier dan Standart memberikan jaminan 7 standar fasilitas yang terdapat di setiap kamar, yaitu: layanan Wi-Fi gratis, televisi, air hangat, pendingin ruangan, tempat tidur bersih,amenities, dan air minum. Sedangkan untuk Airy Eco (kamar  Airy Rooms dengan harga ekonomis) menjamin 6 fasilitas di setiap kamarnya yaitu: layanan WiFi gratis, televisi, pendingin ruangan, tempat tidur bersih,amenities, dan air minum gratis.

B.     Strategi Pemasaran dan Taktik
Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Hal ini didukung oleh pendapat Fitri Lukiastuti, “Strategi adalah rencana umum menyeluruh dari serangkaian tindakan utama yang dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan.” (Manajemen Strategik dalam Organisasi), sehingga dalam menjalankan usaha kecil khususnya diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasarannya. Menurut Chandler, dalam perkembangannya konsep mengenai strategi terus berkembang. Perusahaan dapat memperoleh keunggulan bersaing yang lebih tinggi dibandingkan dengan para pesaingnya jika dapat memberikan harga jual yang lebih murah daripada yang diberikan oleh pesaingnya dengan nilai atau kualitas produk yang sama. Strategi Pemasaran pada Airy Rooms: 1. Menciptakan kesan berkelas untuk harga murah Semua orang menyukai harga yang murah namun jangan membuat iklan murahan. Itu pula yang diterapkan oleh Airy rooms. 2. Menampilkan Elemen Kreatif Kreativitas sangat diperlukan untuk menarik perhatian orang pada iklan. Airy Rooms memberikan unsur simple dan unik untuk menarik customer melihat website Airy Rooms. 3. Video yang Menarik dan Berkualitas

C.    Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
a.        Price (Harga)
Airy Rooms adalah online travel agent untuk hotel di Indonesia dimana mereka bisa bernegosiasi dan mendapatkan harga khusus dari pihak maskapai hotel. Selain itu sistem online yang diterapkan sangatlah menghemat biaya operasional sehingga dapat menekan harga voucher hotel.
b.      Product (Produk)
Airy Rooms adalah layanan jual beli tiket reservasi hotel. Dalam halaman resminya yakni http://www.airyrooms.com. Dengan memberikan keamanan booking hotel serta kemudahan pemesanan melalui sistem otomatis, tanpa harus melalui pemesanan manual.
Airy Rooms bekerjasama dengan hotel-hotel yang sudah terpercaya. Hal ini memungkinkan konsumen yang akan melakukan pemesanan voucher hotel mendapatkan pilihan sesuai yang diinginkan, serta kenyamanan dan keamanan yang terjamin.
c.       Promotion
Pada Airy Rooms juga memiliki promosi besar-besaran jika melakukan transaksi. Hal ini juga menjadi salah satu strateginya agar banyak pelanggan yang percaya dan menjadi pelanggan mereka. Tampilan aplikasi Airy Rooms juga menarik perhatian dengan warna yang cerah dan kemudahan dalam mengaksesnya.
Airy Rooms juga gencar melakukan promosi melalui sosial media seperti Instagram, Twitter. Airy Rooms memiliki 99,8K followers di Instagram. Pemasaran di Instagram Airy Rooms lebih memberikan informasi - informasi promosi yang ada, keindahan-keindahan alam di Indonesia, tips-tips dalam traveling, sehingga membuat para pelanggan tertarik.
d.      Place (Lokasi)
Berhubungan Airy Rooms adalah agent pemesanan voucher hotel dengan cara online. Maka tempat berinteraksinya antara produsen dengan konsumen adalah melalui internet dan Business to Customer (B2C). Dimana Airy Rooms ini beriklan di berbagai media sosial dan websitenya. Selain itu, seluruh rangkaian pemesanan dilakukan melalui internet.
e.       Process (Proses)
Pelanggan dapat memesan kamar yang kamu inginkan langsung diwebsite www.airyrooms.com. Customer care kami siap membantu 24 jam penuh selama seminggu. Setelah memilih kamar hotel yang sesuai, kemudian pelanggan melakukan pembayaran sesuai pesanan. Kemudian E-Tiket akan dikirimkan ke email pelanggan sesaat setelah pembayaran diterima. Kemudian pelanggan dapat mendatangi lokasi Airy Rooms yang telah dipesan. Detail lokasi terdapat pada voucher Airy yang telah diterima oleh pelanggan.

D.    Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (Strength), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities) dan ancaman (Threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Proses dan mengidentifikasi faktor internal dan ekternal yang mendukung.

a.       Kekuatan (Strength):
1.      Airy Rooms menyewakan kamar hotel dengan harga yang terjangkau / relatif murah.
2.      Low Operation Cost, karena Airy Rooms hanya mengandalkan Internet melalui sistem virtualnya.
3.      User Friendly System, dengan hanya melalui website nya untuk mencari dan memesan kamar hotel sangat simple, mudah dan cepat bagi tamu dan pemilik hotel.
4.      Memberikan pengalaman menginap terbaik bagi tamu Airy di lebih dari 1000+ kamar Airy yang telah tersebar luas di seluruh Indonesia.
5.      Bisnis Model Airy rooms menggambungkan pendapatan yang didapat dari supplier (host) dan buyer (guest). 6. Airy Rooms menyediakan berbagai informasi seperti, harga tiket, tempat-tempat traveling di Indonesia, tiket promo. Sehingga masyarakat/pengguna dapat memesan pesawat/hotel sesuai dengan kondisi keuangannya dan merencanakan keberangkatannya.

b.      Kelemahan (Weaknesses):
1.      Kepercayaan masyarakat akan transaksi online pada aplikasi baru masih kurang.
2.      Masih kurangnya pengetahuan orang-orang dalam menggunakan teknologi atau aplikasi mobile.
3.      Harga tiket yang ditampilkan hanya merupakan harga tiket pesawat dan hotel, belum memberikan informasi untuk semua travel yang ada (Contohnya seperti pemesanan tiket kereta api ataupun pemesanan tiket-tiket masuk suatu tempat rekreasi).
4.      Kurang luasnya jangkauan Airy Rooms, karena hanya mencakup beberapa wilayah di Indonesia saja.

c.       Peluang (Opportunity ):
1.      Karena keperluan masyarakat untuk berpergian ke suatu tempat tertentu terus meningkat setiap saat dengan berbagai keperluan seperti pulang kampung, liburan, berbisnis dengan budget yang minimal maka menjadikan Airy Rooms sebagai salah satu aplikasi yang dibutuhkan dan digunakan karena murah, mudah, cepat dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun.
2.      Menampilkan harga hotel dan tiket pesawat mulai dari harga termurah sehingga orang-orang dapat memilih sesuai keinginannya masing-masing.


d.      Ancaman (Threat):
Banyak aplikasi-aplikasi serupa yang lebih menarik, seperti traveloka, tiket.com, nusatrip, pegipegi, dll. Sehingga Airy Rooms harus memutar otak untuk memikirkan ide-ide kreatif untuk publikasi dan bagaimana caranya untuk bersaing dengan kompetitornya yang telah terdahulu dan terkenal.


Aplikasi Komputer Bisnis Kelompok 2

0 Response to "Analisis SWOT AiryRooms"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel