Analisis SWOT Lazada



1.      Profil Perusahaan
Lazada Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang layanan jual beli online dan ritel e-commerce.  Perusahaan ini menawarkan berbagai macam jenis produk mulai dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olah raga. LAZADA Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu
cabang dari jaringan retail online LAZADA di Asia Tenggara. LAZADA merupakan perusahaan hasil pengembangan dari perusahaan inkubator teknologi internasional Jerman yaitu Rocket Internet.
 Pada Januari 2012, jumlah karyawan LAZADA hanyalah 4 orang, dan pada bulan Agustus 2012 karyawan yang diperkerjakan naik menjadi 200 karyawan dan terus bertambah setiap bulannya. Menurut tafsiran pengamat, omset LAZADA dalam sebulan mencapai milyaran rupi

2.      Strategi

a.       Menyediakan produk premium dengan delapan kategori.
b.       Menyediakan pelayanan yang cepat dan eksklusif dengan menggunakan kurir yang profesional.
c.       Transaksi antara pembeli dan penjual dilakukan secara cepat, mudah dan murah.
d.       Sistem kerja yang profesiaonal dan kerja tim yang baik.
e.        Sebagian besar tim LAZADA adalah orang-orang lulusan terbaik dari berbagai sekolah tinggi baik di Indonesia maupun luar negeri.
f.        Website LAZADA mempunyai SEO yang baik.

3.      Kelemahan
a.       Kurang amannya transaksi online.
b.        Barang tidak bisa dipegang secara langsung, sehingga timbul kekhawatiran pelanggan terhadap kualitas barang dan penipuan.
c.       Belum bisa menjangkau daerah-daerah pelosok indonesia yang belum mempunyai jaringan internet yang baik.
d.       Batas pembayaran yang sangat singkat.
e.       Hanya mempunyai dua buah gudang di Pulau Jawa, sehingga waktu pengiriman jadi lama jika melintasi pulau

4.      Kelebihan
a.       Bebas Ongkos Kirim
Lazada menyediakan layanan terpadu untuk membebaskan ongkos kirim dengan beberapa ketentuan wilayah. Jika di daerah JABODETABEK dan pembelian di atas Rp. 100.000, maka akan bebas dari biaya ongkos kirim. Tapi apabila diluar JABODETABEK, maka masuk dalam wilayah 2 dan 3. Di wilayah 2, pengirimiman akan gratis kalau pembelian di atas Rp. 90.000 dan berat barang kurang dari 6 kg. Dan untuk wilayah 3, seluruhnya dikenakan biaya pengiriman.
b.      Banyak Diskon
Siapa yang tidak suka diskon? Semuanya pasti menyukainya terlebih lagi kaum hawa. Untuk itu, Lazada sangat mengerti keinginan konsumennya karena sering memberikan diskon-diskon menarik pada produk yang diperdagangkan. Diskon yang diberikan juga bermacam-macam, mulai dari 10 % hingga di atas 50%.
c.       Pengiriman Barang Cepat
Sebagai pembeli, Anda tentu mengharapkan barang yang dibeli dengan cepat dikirim, tanpa kerusakan atau cacat. Oleh karena itu, Lazada tampaknya tahu persis kebutuhan konsumen, sehingga mereka mengirimkan barang dengan cepat setelah pembayaran diterima.

5.      Peluang
a.         Semakin meningkatnya perangkat mobile. 
b.         Biaya akses internet semakin murah.
c.         Semakin meningkatnya jumlah pengguna internet.
d.        Semakin berkembangnya situs jejaring sosial atau media sosial seperti facebook, twitter, instagram, line, dll.
e.         Pertumbuhan penduduk kelas menegah semakin besar.
f.          Pengguna blog semakin banyak.

6.      Ancaman
a.         Pemerintah akan memberlakukan pajak online yang akan ditanggung oleh konsumen.
b.        Terdapat pihak-pihak yang mungkin melakukan plagiat penggunaan e-commerce dari segi bentuk, inovasi, maupun cara menjualnya.
c.         Terdapat pihak yang membuat website palsu.
d.        Persaingan e-commerce dalam dunia global.
e.         Banyak penipuan (cyber crime) yang mengatasnamakan LAZADA.
f.          Kasus pencurian data pelanggan sering terjadi di dunia maya.

7.      Strategi untuk menangani ancaman tersebut yaitu dengan cara:
a.       Mengurus hak paten website resmi
b.      melakukan inovasi dalam produk-produk LAZADA.
c.        Mengadakan sistem pengamanan online SSL (security socket layer). (W1, T6, T5)
d.      Mengadakan sistem pembayaran di tempat (Cash On Delivery). (W2, T5)


Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Aplikasi Komputer Bisnis

Dosen : Asep Arsyad, M.Si.


Disusun Oleh :

Hapad Nizala            11880200 
Ilman Mutaqin          1188020091
Intan Wasiah             1188020095
Khoirunisa                 1188020104
Lynnisa Rohana S.     1188020108
M. Fathan Mubina      1188010121

0 Response to "Analisis SWOT Lazada"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel