Analisis SWOT Lazada
1.
Profil Perusahaan
Lazada
Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang layanan jual beli online
dan ritel e-commerce. Perusahaan ini menawarkan berbagai
macam jenis produk mulai dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan
bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan
perlengkapan traveling dan olah raga. LAZADA Indonesia didirikan pada tahun
2012 dan merupakan salah satu
cabang
dari jaringan retail online LAZADA di Asia Tenggara. LAZADA merupakan
perusahaan hasil pengembangan dari perusahaan inkubator teknologi internasional
Jerman yaitu Rocket Internet.
Pada Januari 2012, jumlah karyawan LAZADA
hanyalah 4 orang, dan pada bulan Agustus 2012 karyawan yang diperkerjakan naik
menjadi 200 karyawan dan terus bertambah setiap bulannya. Menurut tafsiran
pengamat, omset LAZADA dalam sebulan mencapai milyaran rupi
2. Strategi
a.
Menyediakan produk premium dengan
delapan kategori.
b.
Menyediakan pelayanan yang cepat
dan eksklusif dengan menggunakan kurir yang profesional.
c.
Transaksi antara pembeli dan penjual
dilakukan secara cepat, mudah dan murah.
d.
Sistem kerja yang profesiaonal
dan kerja tim yang baik.
e.
Sebagian besar tim LAZADA adalah
orang-orang lulusan terbaik dari berbagai sekolah tinggi baik di Indonesia
maupun luar negeri.
f.
Website LAZADA mempunyai SEO yang baik.
3.
Kelemahan
a.
Kurang amannya transaksi online.
b.
Barang tidak bisa dipegang
secara langsung, sehingga timbul kekhawatiran pelanggan terhadap kualitas
barang dan penipuan.
c.
Belum bisa menjangkau daerah-daerah
pelosok indonesia yang belum mempunyai jaringan internet yang baik.
d.
Batas pembayaran yang sangat
singkat.
e.
Hanya mempunyai dua buah gudang di
Pulau Jawa, sehingga waktu pengiriman jadi lama jika melintasi pulau
4.
Kelebihan
a. Bebas Ongkos
Kirim
Lazada menyediakan layanan terpadu untuk membebaskan ongkos
kirim dengan beberapa ketentuan wilayah. Jika di daerah JABODETABEK dan
pembelian di atas Rp. 100.000, maka akan bebas dari biaya ongkos kirim. Tapi
apabila diluar JABODETABEK, maka masuk dalam wilayah 2 dan 3. Di wilayah 2,
pengirimiman akan gratis kalau pembelian di atas Rp. 90.000 dan berat barang
kurang dari 6 kg. Dan untuk wilayah 3, seluruhnya dikenakan biaya pengiriman.
b. Banyak
Diskon
Siapa yang tidak suka diskon? Semuanya pasti menyukainya
terlebih lagi kaum hawa. Untuk itu, Lazada sangat mengerti keinginan
konsumennya karena sering memberikan diskon-diskon menarik pada produk yang
diperdagangkan. Diskon yang diberikan juga bermacam-macam, mulai dari 10 % hingga
di atas 50%.
c. Pengiriman
Barang Cepat
Sebagai
pembeli, Anda tentu mengharapkan barang yang dibeli dengan cepat dikirim, tanpa
kerusakan atau cacat. Oleh karena itu, Lazada tampaknya tahu persis kebutuhan
konsumen, sehingga mereka mengirimkan barang dengan cepat setelah pembayaran
diterima.
5.
Peluang
a.
Semakin meningkatnya perangkat
mobile.
b.
Biaya akses internet semakin
murah.
c.
Semakin meningkatnya jumlah pengguna
internet.
d.
Semakin berkembangnya situs jejaring
sosial atau media sosial seperti facebook, twitter, instagram, line, dll.
e.
Pertumbuhan penduduk kelas menegah
semakin besar.
f.
Pengguna blog semakin banyak.
6.
Ancaman
a.
Pemerintah akan memberlakukan pajak
online yang akan ditanggung oleh konsumen.
b.
Terdapat pihak-pihak yang mungkin melakukan
plagiat penggunaan e-commerce dari segi bentuk, inovasi, maupun cara
menjualnya.
c.
Terdapat pihak yang membuat website
palsu.
d.
Persaingan e-commerce dalam dunia
global.
e.
Banyak penipuan (cyber crime) yang
mengatasnamakan LAZADA.
f.
Kasus pencurian data pelanggan sering
terjadi di dunia maya.
7.
Strategi untuk menangani ancaman
tersebut yaitu dengan cara:
a.
Mengurus hak paten website resmi
b.
melakukan inovasi dalam produk-produk
LAZADA.
c.
Mengadakan sistem pengamanan online SSL (security
socket layer). (W1, T6, T5)
d.
Mengadakan sistem pembayaran di tempat
(Cash On Delivery). (W2, T5)
Diajukan
Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Aplikasi Komputer Bisnis
Dosen
: Asep Arsyad,
M.Si.
Disusun
Oleh :
Hapad
Nizala 11880200
Ilman Mutaqin 1188020091
Intan Wasiah 1188020095
Khoirunisa 1188020104
Lynnisa Rohana S. 1188020108
M. Fathan Mubina 1188010121
0 Response to "Analisis SWOT Lazada"
Post a Comment