Makalah Aplikasi Komputer Internet



BAB 2
PEMBAHASAN

A.    Aplikasi-aplikasi yang ada di Internet
Aplikasi Internet  yang tersedia saat ini sudah banyak dan terus bertambah seiring dengan kemajuan teknologi infomasi. Aplikasi-aplikasi internet  ini kemudian digunakan dalam berbagai bidang seperti bidang akademis, militer, medis, media massa, dan berbagai sektor industri lainnya. Dari sekian banyak aplikasi internet  yang ada, yang banyak dikenal dan digunakan antara lain adalah sebagai berikut :
1.      World Wide Web (www)
Dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen tersebut dibuat dengan menggunakan format HTML (Hypertext Markup Language). HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan (link) sebuah dokumen dengan dokumen lain.
WWW atau World Wide Web adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, dia mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Equire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan terkait antara berbagai arsip sehingga memudahkan informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kemudian menjadi dasar dari sebuah revolusi yang dikenal sebagai web.

2.      Electronic Mail (E-Mail)
Aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik. Dengan email kita dapat mengirimkan tulisan, file dokumen, gambar dan sebagainya. Email dapat diterima sesaat setelah dikirim. Adapun situs yang memberikan layanan e-mail seperti yahoo!, Gmail, bolehmail dan masih banyak lagi.
3.      Mailing List (Milis)
Mailing List (milis) adalah Aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail. Setiap email yang dikirim ke alamat milis akan dikirimkan ke seluruh alamat emailyang terdaftar sebagai anggota milis tersebut.
4.      Newsgroup
Aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Sarana yang mungkin dapat digunakan adalah berupa media multimedia (audio-visual) dengan menggunakan fasilitas video conferencing, ataupun text saja atau text dan audio dengan menggunakan fasilitas chat.
5.      File Transfer Protocol (FTP)
Aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari komputer lain. FTP sering digunakan untuk mencari dan mendownload arsip file di suatu server di internet. FTP juga digunakan untuk meng-upload file sehingga bisa diakses oleh pengguna dari seluruh pelosok dunia.
6.      Google
Google adalah sebuah mesin pencari terbesar dan terbaik pada saat ini. Google merupakan sebuah perusahaan besar amerika yang menyediakan produk dan jasa seputar internet. Google didirikan pada tahun 1998 tepatnya pada tanggal 4 september 1998, Google didirikan oleh mahasiswa asal Universitas Stamford Amerika.

Aplikasi Komputer Bisnis Kelompok 1

0 Response to "Makalah Aplikasi Komputer Internet "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel